Seperti Apa Otak Itu?

Saturday, August 6, 2016

Dimana letak otak? Jika pertanyaan seperti itu sih gampang jawabannya. Otak ada didalam kepala. Benar!. Pernah membayangkan bagaimana bentuk otak kita?
Bentuk otak itu besar, memiliki banyak kerutan, dan berbentuk seperti spons. Agar lebih jelas, lihatlah gambar dibawah ini.

Seperti itulah otak manusia. Jelek ya? Meskipun tidak kelihatan keren, otak adalah pusat pengendali gerakan manusia. Jika dalam film robot, otak adalah komputer pengendali robot.
Otakmu terdiri dari banyak bagian yang berbeda. Bagian-bagian tersebut saling bekerja sama satu dengan yang lainnya. Kita dapat membayangkan bagian-bagian ini seperti para pemain dalam sebuah tim olahraga. Masing-masing pemain harus dapat bekerja sama dengan baik agar tim tersebut dapat menghasilkan prestasi yang bagus.
Inilah nama bagian-bagian penting dari otak kita :
  1. Cerebrum
  2. Hypothalamus
  3. Brain stem
  4. Cerebellum
  5. Pituitary gland

Namanya keren ya. Dimana sih letak bagian-bagian dari otak tersebut? Gambar dibawah ini menunjukkan bagian penting otak.

Wah, ternyata rumit juga ya otak itu? Karena kerja yang harus ditangani oleh otak cukup banyak dan kompleks, tak heran jika struktur otak pun terlihat rumit.
Namun, coba pikirkan. Otak mengendalikan seluruh tubuh manusia. Bandingkan dengan komputer yang bermanfaat untuk mengendalikan robot atau pesawat luar angkasa. Jadi, meskipun kecil, otak lebih canggih daripada komputer manapun di dunia ini.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2016. INFO GUE.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Premium Themes. Powered by Blogger.
Creative Commons License