Cerebrum dan Cerebellum

Saturday, August 6, 2016

Cerebrum
Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak. Jika dihitung, berat cerebrum mencapai 85% dari berat otak keseluruhan. Cerebrum merupakan bagian yang digunakan untuk berpikir. Cerebrum juga mengontrol semua sistem gerak otot kita.
Ketika berpikir dengan keras, kita sedang menggunakan cerebrum. Dengan cerebrum, kita dapat memecahkan soal-soal matematika, menggambar, dan bermain video game. Cerebrum juga merupakan tempat untuk menyimpan ingatan. Misalkan kita masih ingat apa yang sudah kita makan tadi malam atau nama seorang teman yang kita kenal dua bulan yang lalu.
Cerebrum juga dapat membantu kita dalam mengingatkan sesuatu. Misalkan, kita harus segera mengerjakan PR. Jika tidak, kita tidak akan diajak nonton film di bioskop. 
Cerebrum terdiri dari dua bagian, yaitu kanan dan kiri. Menurut para ilmuwan, cerebrum bagian kanan berfungsi untuk berfikir secara abstrak. Misalkan, musik, warna dan bentuk. Sedangkan, cerebrum bagian kiri lebih berfungsi kepada sesuatu yang berbau analisis. Misalkan, matematika, logika, dan berbicara.
Selain itu, para ilmuwan meyakini bahwa cerebrum bagian kanan mengontrol tubuh bagian kirimu. Sedangkan, bagian kiri mengontrol tubuh bagian kanan.

2. Cerebellum
Pernahkah kita berjalan disebuah utas tali atau berjalan pada tembok? Jika belum pernah melakukan sendiri, mungkin kita pernah melihat artis sirkus melakukannya. Wah, bikin deg-degan ya. Apa kuncinya?
Kita pasti bisa menebak. Kuncinya ada pada keseimbangan. Ya, berjalan pada medan yang sempit memerlukan keseimbangan tubuh. Untuk menjaga keseimbangan, kadang para pemain sirkus merentangkan tangannya ataupun menggunakan tongkat panjang yang terbentang melintang.
Kerja keseimbangan ini membutuhkan otak. Bagian otak mana yang bekerja untuk mengatur keseimbangan tubuh ini? Jawabannya adalah Cerebellum.
Cerebellum terletak dibagian belakang otak, dibawah cerebrum. Bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan cerebrum. Besarnya hanya 1/8 dari besar cerebrum. Walaupun kecil, cerebellum merupakan bagian yang sangat penting dari otak.
Cerebellum mengontrol keseimbangan, gerakan, dan koordinasi (bagian otot kita bekerja bersama). Dengan cerebellum juga, kita dapat berdiri tegak, menjaga keseimbangan, dan bergerak kesana kemari. Bahkan, kamu bisa berdiri tegak hanya dengan satu kaki. Semua itu karena cerbellum.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2016. INFO GUE.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Premium Themes. Powered by Blogger.
Creative Commons License