Brain Stem, Pituitary Gland dan Hypothalamus

Saturday, August 6, 2016

Brain stem

Wuf...wuf... nafas kita akan semakin cepat saat kita memacu sepeda dengan cepat. Semakin cepat kita memacu sepeda, semakin bertambah cepat nafas kita. Siapa sebenarnya yang mengatur cepat lambatnya nafas kita?
Ini adalah pekerjaan bagian otak yang disebut Brain Stem. Brain stem adalah bagian lain dari otak yang bentuknya juga kecil dan penting. Brain stem terletak dibawah cerebrum dan didepan cerebellum. Brain stem menghubungkan sisa otak lainnya ke urat saraf tulang belakang yang menjulur dari leher sampai ke bagian bawah tulang belakang. 
Brain stem bertanggung jawab atas semua fungsi tubuhmu yang sangat dibutuhkan untuk hidup. Misalkan, bernafas, mencerna makanan, dan mengatur sirkulasi darah. Fungsi brain stem lainnya adalah untuk mengontrol otot yang bekerja secara otomatis tanpa kita perintah. Otot yang bekerja secara otomatis tersebut berada di jantung dan perut. Misalkan, brain stem memberitahukan jantung untuk memompa darah ketika kita bersepeda.
Brain stem juga memilah-milah pesan yang dikirimkan oleh otak dan bagian tubuh lainnya.

Pituitary Gland

Wah, mengapa baju pesta kita bertambah sempit? Padahal, baju ini baru dibeli tahun lalu. Ini karena kita sudah bertambah tinggi dan besar. Siapa yang menyebabkan kita bertambah tinggi?
Ada bagian otak yang turut berpartisipasi dalam perkembangan diri kita. Bagian tersebut bernama pituitary gland. Besarnya pituitary gland sangatlah kecil, yaitu hanya sebesar kacang polong. Tugasnya adalah untuk menghasilkan dan melepaskan hormon ke dalam tubuh. Jika baju kita dari tahun lalu terasa begitu sempit, itu karena pituitary gland melepaskan hormon khusus. 
Pituitary gland juga memegang peranan penting pada proses pubertas. Proses pubertas adalah waktu ketika tubuh anak laki-laki dan perempuan mengalami perubahan besar secara perlahan menjadi pria dan wanita dewasa. Bagian ini juga berperan dalam menghasilkan hormon-hormon lainnya. Salah satu contoh hormon yang dihasilkan pituitary gland adalah hormon yang mengontrol kadar gula dan air ditubuhmu. Selain itu, pituitary gland juga membantu menjaga preoses perkembangan metabolisme tubuh.

Hypothalamus

Pernahkah kita pulang sekolah jalan kaki atau naik sepeda? Wah, panas sekali rasanya ya? Lebih enak naik mobil ya? Namun, jangan salah, kalu naik bis umum rasanya mungkin tambah panas ketimbang jalan kaki. Sudah naik bis umum, tidak pakai AC, berdiri, berdesak-desakkan pula. Wah, tidak kebayang deh. Kalau sudah demikian, bisa dipastikan keringat kita akan meluncur deras. Nah, siapa yang memerintahkan keringat kita keluar?
Rupanya, ada bagian penting otak yang memerintahkan proses pengeluaran keringat. Bagian otak itu bernama Hypothalamus. Hypothalamus itu berbentuk seperti sebuah alat pengatur suhu di dalam otak kita. Bentuknya seperti kotak kecil di dinding otak yang mengontrol panas tubuh kita. Hypothalamus mengetahui dengan benar seberapa besar suhu yang sesuai untuk tubuhmu, yaitu sekitar 37 derajat celcius atau 98,6 derajat fahrenheit.
Jika tubuh kita terlapis panas, hypothalamus akan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan keringat. Jika tubuh kita terlalu dingin, hypothalamus akan memerintahkan tubuh untuk menggigil. Kedua cara ini dimaksudkan untuk mendapatkan kembali suhu tubuh kita seperti yang seharusnya.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2016. INFO GUE.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Premium Themes. Powered by Blogger.
Creative Commons License