Kerusakan Otak Dapat Berpengaruh pada Ingatan

Saturday, August 6, 2016


Pernahkah kita mendengar istilah gegar otak? Mungkin istilah itu kita dapatkan sewaktu mendengar ada peristiwa kecelakaan yang dialami oleh teman atau seseorang yang kita kenal. Kecelakaan itu menyebabkan kepalanya terbentur dengan sangat keras.
Setelah mengalami peristiwa tersebut, ia lalu kesulitan mengingat. Bahkan, mengingat kita sebagai sahabatnya. Itu adalah peristiwa yang paling menyedihkan. Tidak hanya baginya, tetapi juga bagi keluarga atau bahkan teman-temannya. Seolah-olah dia terlahir kembali sebagai seseorang yang belum kenal dengan siapa pun di dunia ini.
Pada umur berapa pun, luka pada kepala dan otak dapat menyebabkan masalah ingatan orang tersebut. Beberapa orang yang baru sembuh dari cedera otak, harus belajar semuanya dari awal lagi. Misalkan, berjalan atau menggunakan baju sendiri. Itulah sebabnya, sangatlah penting bagi kita untuk melindungi kepala dengan mengenakan sabuk pengaman saat dimobil, memakai helm saat bermain bola kasti, mengendarai sepeda, atau lainnya.
Pernahkah kita mendengar kata amnesia? Amnesia adalah sebuah permasalahan yang terjadi pada ingatan. Masalah ini dapat terjadi ketika kita tidak dapat mengingat apa yang baru saja terjadi. Hal ini sering terjadi.
Orang dapat lupa nama mereka dan mereka biasanya membutuhkan waktu agak lama untuk mengingatnya. Biasanya hal ini terjadi karena suatu peristiwa yang mengagetkan.
Penyeban umum terjadinya amnesia adana Traumatic Brain Injury (TBI). TBI disebabkan oleh benturan keras dikepala. Luka traumatik pada otak dapat terjadi dengan berbagai macam cara. Bahkan, lebih gawatnya lagi, luka tersebut dapat menyebabkan koma (keadaan tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama).
Jatuh, kecelakaan motor, atau mobil dapat menyebabkan TBI. Kalau kita pernah menonton sepakbola, kita mungkin pernah melihat seorang pemain yang mengalami benturan dikepala. Lalu, dia bertanya-tanya kepada siapapun di pinggir lapangan apa yang sudah terjadi. Dokter pasti akan pasti akan menanyakan beberapa pertanyaan dasar. Apa yang terjadi? Dimana dia sekarang berada? Atau, apa nama tim tempat dia bermain?
Mengonsumsi alkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang adalah cara lain yang dapat merusak otak dan menyebabkan permasalahan ingatan. Hallucinogens (seperti LSD atau PCP) dapat mengubah zat-zat kimia tertentu pada otak. Hal ini lah yang sebenarnya dapat membuat ingatan kita tidak bekerja dengan maksimal.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2016. INFO GUE.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Premium Themes. Powered by Blogger.
Creative Commons License